Kriteria Penerima Bantuan Raskin

Jika diperhatikan, banyak bantuan raskin yang disalurkan tidak tepat sasaran, sehingga masyarakat miskin tidak rata dalam penerimaannya. Namun saat ini bisa dicegah dengan melakukan analisis untuk menentukan penerima raskin menggunakan algoritma data mining C4.5 berbasis PHP&MySQL.

Raskin merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya untuk meningkatkan ketahana pangan untuk keluarga miskin dengan harga tertentu. Hal ini merupakan program yang baik untuk meringankan beban para masyarakat miskin.

Adapun beberapa kriteria yang dibutuhkan para penerima bantuan, diantaranya:

  1. Penghasilan keluarga

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah penghasilan dari keluarga. penghasilan keluarga sangat berpengaruh pada apa yang mereka makan untuk sehari-hari. Dalam hal ini bisa dilihat dari pekerjaan kepala keluarga disana. Apakah dapat memenuhi kebutuhan mereka atau cuma pas-pasan. Penerima bantuan raskin yang layak adalah dimana penghasilan keluarga tidak bisa mencukupi kebutuhan mereka, baik untuk kebutuhan pokok maupun sekundernya.

  • Jumlah anggota keluarga

Perhatikan juga jumlah anggota keluarga. Apakah dengan penghasilan sekian dapat memenuhi seluruh anggota keluarganya atau tidak. Rata-rata kebanyakan para masyarakat miskin memiliki anggota keluarga atau anaka lebih dari dua. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya tidak memiliki biaya untuk melakukan program KB, atau lain sebagainya. bantuan raskin ini seharusnya disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga sehingga, kebutuhan makan mereka dapat terpenuhi selama sebulan penuh.

  • Kondisi bangunan

Kondisi bangunan juga bisa menjadi kriteria penerima bantuan raskin. Apakah kondisi bangunannya layak huni atau tidak. Juga penerangan dalam kesehariannya, menggunakan listrik atau tidak. Jika menggunakan listrik berapa besar daya yang digunakan.

  • Pola makan

Pola makan juga bisa menjadi kriteria penerima bantuan ini. Dilihat dari intensitas makan anggota keluarga, apakah sering atau tidak. Untuk masyarakat miskin pastinya dapat mengatur dan menekan secara terpaksa pola makan mereka agar sesuai dengan penghasilan yang mereka dapatkan.

Kriteria tersebut harus dipertingkan dengan teliti dan matang. Sehingga pengambilan keputusan tidak sulit, mulai dari mengidentifikasi masaah, memilih data yang relevan dan lain sebagainya.

Pemerintah biasanya melakukan penelitian dengan membangun sistem pendukung keputusan yang mana memiliki kemampuan analisa seleksi penerima Raskin. Faktor penilaian nya adalah dengan membandingkan satu keluarga dengan yang lainnya sehingga memberikan output nilai intensitas prioritas terhadap penilaian keluarga.

Selama ini pengolahan data dari kantor desa dilakukan dengan cara manual, sehingga untuk melihat data salah satu nama penerima bantuan tidak dapat efisien. Hal ini tentunya membuat user bingung. Untuk itu diberikan solusi dengan adanya perkembangan teknologi dengan menggunakan aplikasi sistem pendukung keputusan berbasis komputerisasi guna mempermudah user mengolah data, sehingga lebih baik dan efektif.

Untuk itu Anda perlu menganalisis dengan mengumpulkan data yang aktual, kemudian diolah untuk mendapatkan kesimpulan. Dengan begitu pendistribusian penerima bantuan pada semua masyarakat yang memiliki hak menerimanya dengan merata.

Terima jasa pembuatan website dan aplikasi dengan harga terjangkau wa ke kami 082377168756( menerima jasa pembuatan skripsi juga )Baca Juga :   Sistem Informasi Keuangan Saham Berbasis Website

link download : bit.ly/3ey8R6F

traffic