Source Code Sistem Pakar Metode Certainty Factor Dan Metode Forward Chaining

Pada perkembangan teknologi saat ini tentunya Anda sudah tidak lagi asing dengan yang namanya sistem pakar. Sistem ini memiliki basis pengetahuan yang membantu dalam menyelesaikan sebuah tugas. Source code sistem pakar metode certainty factor dan metode forward Chaining merupakan salah satu jenis yang menggabungkan antara 2 teknologi.

Adanya source code merupakan hasil gabungan dari beberapa pakar teknologi tertentu. Dengan demikian, sistem pakar ini akan mudah dipahami oleh orang yang awam. Sistem pakar yang menggunakan metode Certainty factor dan forward Chaining ini sendiri akan membantu Anda menemukan informasi terkait bidang tertentu yang sedang ditelusuri.

Sekilas Tentang Aplikasi

Source code aplikasi ini mempunyai 2 bagian inti, yaitu lingkungan konsultasi dan lingkungan pengembangan. Kegunaan dari bagian lingkungan konsultasi adalah agar para pengguna dapat melakukan konsultasi terkait keluhannya agar mendapat pengetahuan baru. Pengetahuan yang didapat berasal dari sistem pakar yang sudah expert di bidangnya.

Bagian kedua, yaitu lingkungan pengembangan berfungsi sebagai komponen untuk pengenalan sistem pakar kepada para pengguna atau masyarakat umum. Dengan itu, adanya source code sistem pakar dimaksudkan untuk pemecahan permasalahan yang sedang dialami oleh para pengguna. Dengan menggabungkan 2 metode ini, sistem pakar dinilai lebih mudah untuk dioperasikan.

Fitur Dalam Aplikasi

Sebelum menggunakannya, tentu Anda harus memahami tentang semua fitur yang ada di source code sistem pakar metode Certainty factor dan metode forward Chaining.Beberapa fitur yang perluAnda ketahui antara lain adalah sebagai berikut.

Fungsi dari fitur log in adalah sebagai akses untuk masuk aplikasi. Tentunya sebelum Anda dapat mengakses aplikasi, terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran. Hal ini agar tidak sembarang orang bebas mengakses aplikasi.

Baca Juga :   Source Code Aplikasi PPDB SMK Berbasis Web

Kegunaan utama dari fitur diagnosa adalah untuk mencari pengetahuan berdasarkan kode. Pengetahuan yang ingin dicari bisa ditambah atau diubah sesuai dengan keinginan pengguna serta fitur yang ada. Serta untuk mengolah data diagnosa.

Fungsi dari fitur gejala ini sama dengan fitur diagnosa. Hanya saja perbedaannya terletak pada data yang diolah. Pada menu ini data yang diolah berdasarkan gejala terkait suatu pengetahuan yang dicari.

Pengolahan data antara gejala dan diagnosa ternyata tidak berhenti pada masing-masing fitur saja. Setelah data diolah pada fitur masing-masing, kemudian dicari relasi antara keduanya melalui fitur ini.

Pada fitur konsultasi terdapat fitur untuk “submit diagnosa”. Ini berfungsi untuk mengkonsultasikan gejala dan diagnosa yang sudah dihasilkan kepada sistem pakar. Hasil dari diagnosa juga dapat dilihat di menu konsultasi ini.

Demi keamanan para penggunanya, sistem pakar menyediakan fitur password. Ini berguna agar pemakainya dapat mengubah password dan memastikan akunnya aman.

Seperti aplikasi pada umunya, fitur log out pada source code sistem pakar ini berguna untuk keluar dari aplikasi.

Keunggulan Aplikasi

Adanya gabungan antara dua metode di dalamnya membuat sistem pakar memiliki berbagai kelebihan saat digunakan. Metode certainty factor yang ada pada sistem dapat melakukan penghitungan secara akurat. Di samping itu, metode certainty factor juga dapat untuk melakukan pengukuran terhadap diagnosa yang pasti atau tidak pasti.

Source code sistem pakar metode certainty factor dan metode forward Chainingini membuat masyarakat awam lebih mudah untuk melakukan konsultasi. Misalnya saja untuk masalah kesehatan, dengan adanya sistem ini para penggunanya tidak akan bingung untuk mendiagnosa gejala yang ada karena dapat berkonsultasi dengan pakar.

Baca Juga :   aplikasi m-commerce berbasis android

Terima jasa pembuatan website dan aplikasi dengan harga terjangkau wa ke kami 082377168756( menerima jasa pembuatan skripsi juga )

link download : bit.ly/3ey8R6F

traffic